Selasa, 20 November 2012

PERSALINAN DENGAN PARUT UTERUS


Part 2
Oleh Nia Dwi Yuliati

Persalinan pervaginam pada parut uterus (Vaginal Bird After Cesarean/VBAC atau Trial of Labor After Cesaresn/TOLAC). Dengan berkembangnya teknik pertolongan persalinan, tindakan persalinan pervaginam pada parut uterus meningkat. Dahulu ditakutkan terjadinya rupture uteri. Di Amerika Serikat angka kejadian VBAC meningkat dari 18,9 % menjadi 28,3% dalam kurun waktu tahun 90-an. Gambaran ini memperlihatkan bahwa penanganan persalinan pervaginam lebih diutamakan pada akhir-akhir ini.
Prosedur persalinan pervaginam dengan parut uterus (Menurut ALARM International). Hal dasar yang perlu diperhatikan :
-          Identifikasi pasien apakah memenuhi syarat untuk dilakukan pertolongan persalinan pervaginam
-          Jelaskan dengan cermat mengenai rencana pertolongan persalinan dengan diakhiri penandatanganan persetujuan pasien/ keluarga (informed consent)
-          Persiapkan pemantauan ibu dan janin dalam persalinan secara terus-menerus termasuk pencatatan denyut jantung tiap 30 menit.
-          Persiapkan sarana operasi segera untuk menghadapi kegagalan VBAC/TOLAC
Pemilihan pasien persalinan pervaginam dengan parut uterus : kenali jenis operasi dahulu, bila mungkin mengenal kondisi operasi terdahulu dari laporan operasinya (adakah kesulitan atau komplikasinya), dianjurkan VBAC dilakukan hanya pada luka parut sayatan transversal segmen bawah rahim (SBR).
Kontraindikasi pasien persalinan pervaginam dengan parut uterus (VBAC) : kontraindikasi dilakukan persalinan pervaginam secara umum, luka parut uterus jenis klasik, jenis luka T terbalik atau jenis parut yang tidak diketahui, luka parut pada otot rahim di luar SBR, bekas terus rupture, kontraindikasi relative (misalnya panggul sempit relative), dua atau lebih luka parut transversal di SBR, kehamilan ganda. Pertolongan persalinan dilakukan sesuai dengan Standart Prosedur Tetap yang dibuat sesuai dengan kondisi serana pelayanan persalinan setempat. Perlu mendapat perhatian : observasi proses persalinan dengan baik termasuk kondisi ibu dan kesejahteraan janin, bila perlu berikan analgesia, ingat kemungkinan terjadi uterus rupture.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar